KETUA LPM UNIMUDA SORONG MENGHADIRI SOSIALISASI SPMI 4.0 PTMA DAN STANDAR KHUSUS AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN πŸ‘οΈοΈ 120

By Operator Website Selasa, 04 Februari 2020 | 20:34 pm Berita

KETUA LPM UNIMUDA SORONG MENGHADIRI SOSIALISASI SPMI 4.0 PTMA DAN STANDAR KHUSUS AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN

Yogyakarta, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNIMUDA Sorong (Abdul Hafid, M.Pd.) mengikuti kegiatan sosialisasi SPMI 4.0 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah dan standar mutu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Sahid Raya Hotel Yogyakarta (3-4 Februari 2020). Sosialisasi ini diadakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan dihadiri oleh sekitar 90 orang perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Al-Islam dan Kemuhammadiyahan seperti darah dalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Kedudukannya sangat penting dan mempengaruhi semua aspek dalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah”, ungkapnya.

Hadir sebagai pemateri salah satunya adalah Sektetaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan bahwa “Posisi Al-Islam dan Kemuhammadiyah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah bukan diletakkan pada catur yang terakhir, tetapi diletakkan pada catur yang pertama. Sehingga keberadaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memiliki posisi yang penting dan utama, karena sebagai penciri khusus yang membedakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan perguruan tinggi yang lainnya”, tuturnya.

Manifestasi dari pentignya kedudukan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan adalah Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai salah satu standar SPMI yang wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan siklus PPEPP oleh seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh Indonesia.

UNIMUDA Sorong siap untuk menyesuaikan SPMI yang lama dengan SPMI 4.0, karena salah satu faktor perguruan tinggi yang bermutu adalah yang menerapkan mutu berdasarkan siklus PPEPP.AH.

By Operator Website Selasa, 04 Februari 2020 | 20:34 pm

Artikel Terbaru