TINGKATKAN MUTU LPM UNIMUDA SORONG MENGIKUTI KEGIATAN LAPORAN CAPAIAN MUTU DAN RENCANA PENINGKATAN MUTU 👁️️ 616

By Operator Website Rabu, 18 Desember 2019 | 12:16 pm Berita

TINGKATKAN MUTU LPM UNIMUDA SORONG MENGIKUTI KEGIATAN LAPORAN CAPAIAN MUTU DAN RENCANA PENINGKATAN MUTU

Yogyakarta, perwakilan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengikuti kegiatan laporan capaian mutu, dan rencana peningkatan mutu di Aula Lantai 3 Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammammadiyah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu program studi maupun institusi perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D.) dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk menyatukan kekuatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk menjamin mutu dan mempercepat keamajuan. Percepatan kemajuan itu dilakukan salah satunya dengan saling berdiskusi. Jangan pernah ragu untuk datang dan berdiskusi dalam kegiatan Majelis Diktilitbang, karena Majelis Diktilitbang akan menfasilitasi dan menerima dengan senang hati” paparnya.

Kemudian Ketua LPTK PTM (Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum.) dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah wadah untuk saling bersilaturahmi antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah.  Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini adalah saudara, sehingga harus saling membantu antara yang satu dengan yang lain untuk kemajuan bersama. Bentuknya adalah dengan menguatkan kerjasama antar Perguruan Tingi Muhammadiyah, seperti penetian, pengabdian, dan publikasi. Kerjasama ini penting untuk dilakukan untuk mendorong percepatan mutu program studi maupun perguruan tinggi, karena sekarang ini banyak program studi yang kurang diminati karena tidak memampu menjamin mutu” terangnya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA)  Sorong (Abdul Hafid) yang diutus untuk mengikuti kegiatan ini menyampaikan bahwa “Kegiatan ini sangat bermanfaat, selain sebagai wadah silaturahmi dan diskusi antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah, juga dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan program studi dan institusi untuk menjamin dan  peningkatan mutu kedepannya. Dari memaparan narasumber yang sangat perkompeten pada bidangnya kita juga dapat mengetahui keunggulan dan ciri khas perguruan tinggi Muhammadiyah yang dapat dikembangkan pada masing-masing perguruan tinggi, tentunya disesuiaikan dengan kondisi pada masing-masing perguruan tinggi tersebut” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga ditekankan pentingnya luaran bagi dosen dan mahasiswa, sesuai dengan tuntutan IAPS Instrumen Akreditasi Program Studi versi 4.0 dan IAPT Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0. Sehingga perguruan tinggi, khususnya program studi harus secepatnya menyesuaikan diri, contohnya seperti kurikulum harus ditinjau kembali supaya berbasis luaran atau produk, /AH/.

By Operator Website Rabu, 18 Desember 2019 | 12:16 pm

Artikel Terbaru